Kaos Green Peace


Apa itu Greenpeace? Greenpeace adalah suatu lembaga swadaya masyarakat dan organisasi lingkungan global yang memiliki cabang di lebih dari 40 negara dengan kantor pusat di Amsterdam, Belanda. Didirikan di Vancouver, British Columbia, Kanada pada 1971, pada awalnya dengan nama Don’t Make a Wave Committee untuk menghentikan percobaan nuklir yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat di Amchitka, Alaska. Para aktivis mengirimkan kapal sewaan, Phyllis Cormack, yang diubah namanya menjadi Greenpeace, ke lokasi pengujian nuklir. Mereka lalu mengadopsi nama Greenpeace menjadi nama organisasi.

Greenpeace dikenal menggunakan aksi langsung tanpa kekerasan, konfrontasi damai dalam melakukan kampanye untuk menghentikan berbagai aksi perusakan lingkungan seperti pengujian nuklir, penangkapan ikan paus besar-besaran, deforestasi dan sebagainya. Organisasi global ini menerima pendanaan melalui kontribusi langsung dari individu yang diperkirakan mencapai 2,8 juta para pendukung keuangan, dan juga dari yayasan amal, tetapi tidak menerima pendanaan dari pemerintah atau korporasi.

Di akhir tahun 1960an, Amerika Serikat memiliki rencana untuk melakukan pengujian senjata nuklir di wilayah yang lapisan tektoniknya tidak stabil, di pulau Amchitka, Alaska, setelah sebelumnya terjadi gempa di Alaska tahun 1964. Rencana ini membawa kekhawatiran bahwa pengujian senjata nuklir mampu memicu gempa dan tsunami. Pada tahun 1969, demonstran sebanyak 7000 orang menghalangi jalur lintas perbatasan Amerika Serikat-Kanada di British Columbia dengan membawa slogan “Don’t Make A Wave. It’s Your Fault If Our Fault Goes” (Jangan Membuat Gelombang. Ini Adalah Kesalahanmu Jika Patahan Kami Bergerak). Terinspirasi dari pelayaran anti nuklir Albert Bigelow di 1958, mereka menggalang dana dengan konser amal pada tahun 1970 untuk menyewa kapal, Phyllis Cormack, yang kemudian diubah namanya menjadi Greenpeace.

Struktur organisasi Greenpeace terdiri dari Greenpeace International yang berbasis di Amsterdam, Belanda, dan 28 cabang regional yang berada di 45 negara. Cabang regional bekerja secara otonom di bawah pengawasan Greenpeace International. Greenpeace menerima pendanaan dari pendukung, perorangan maupun yayasan. Greenpeace tidak menerima dana dari pemerintah, lembaga negara, partai politik, maupun perusahaan dengan tujuan untuk menghindari pengaruh mereka. Sumbangan dari perorangan maupun yayasan bisa mereka tolak jika sumbangan tersebut bersyarat sehingga menghalangi atau mengekang aktivitas dan kebebasan Greenpeace dalam mencapai tujuan.

Greenpeace memiliki kapal yang terus berlayar dan menjadi simbol perjuangan Greenpeace. Yang paling terkenal adalah Rainbw Warrior. Selain Rainbow Warrior, Greenpeace juga memiliki kapal Arctic Sunrise, Esperanza, dan kapal inflatable.

Pada tahun 1978, Greenpeace meluncurkan Rainbow Warrior, kapal ex-trawler sepanjang 40 meter. Greenpeace membeli kapal tersebut dengan harga £40,000. Sukarelawan memperbaiki dan memodifikasi kapal tersebut. Kapal ini dibangun pada tahun 1955 di Aberdeen, Skotlandia dengan nama Sir William Hardy dan melayani kementerian Pertanian, Perikanan, dan Pangan, dan digunakan hingga tahun 1977. Greenpeace meluncurkan Rainbow Warrior I pada tanggal 29 April 1978 untuk menghalangi perburuan ikan paus oleh kapal Islandia. Antara tahun 1978 hingga tahun 1985, kru Rainbow Warrior juga terlibat berbagai aktivitas, termasuk menghalangi perburuan Anjing Laut Abu-abu di Orkney, Skotlandia dan uji coba nuklir di Samudera Pasifik oleh Amerika Serikat dan Prancis. Di bulan Mei 1985 kapal ini membantu evakuasi 300 warga atol Rongelap karena daerah tersebut telah terkontaminasi nuklir akibat ujicoba senjata nuklir Amerika Serikat.

Di bulan Juli 1985, Rainbow Warrior akan memimpin rombongan kapal pengunjuk rasa untuk mengelilingi atol Moruroa, lokasi pengujian nuklir pemerintahan Prancis. Sebelum hal itu terjadi, François Mitterrand, Presiden Prancis ketika itu, memerintahkan untuk mengebom Rainbow Warrior secara diam-diam di pelabuhan Auckland. Kejadian ini memakan satu korban, yaitu fotografer Belanda Fernando Pereira. Kejadian ini menjadi bencana bagi hubungan luar negeri pemerintahan Prancis setelah kepolisian Selandia Baru mengekspos kejadian tersebut.

Kapal Rainbow Warrior kedua diresmikan pada tahun 1989 menggantikan Rainbow Warrior pertama. Kapal ini pernah mengalami kerusakan pada tahun 2005 setelah menabrak karang Tubbataha di Filipina ketika melakukan inspeksi pemutihan koral. Greenpeace didenda US$ 7000 karena merusak karang dan Greenpeace membayar denda tersebut. Manajer taman laut Tubbaha mengapresiasi reaksi cepat kru Greenpeace untuk memperbaiki karang yang rusak. Kapal ini lalu dipensiunkan pada tahun 2011.

Kapal Rainbow Warrior III merupakan kapal yang dipesan khusus untuk melakukan kampanye dan penelitian yang dilakukan oleh Greenpeace. Kapal ini mulai berlayar pada 14 Oktober 2011. Sebagai kapal penelitian, kapal ini mampu mengangkut peralatan hingga 8 ton. Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi berbasis satelit, sehingga berbagai kejadian bisa disiarkan langsung dari kapal tersebut. Kapal ini bergerak dengan kombinasi energi angin dan motor untuk sebisa mungkin meminimalisasi penggunaan bahan bakar fosil. Pada tanggal 6-9 Juni 2013 kapal ini bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok.

Kaos Greenpeace

Kaos Greenpeace tersedia dalam pilihan warna putih, light blue, light cream, merah, hitam dan biru dengan ukuran lengkap dari mulai size kids anak balita hingga dewasa extra big size XXXL. Kaos Greenpeace tersedia dalam pilihan reguler lengan pendek (t shirt / oblong) dan juga raglan lengan panjang 5/8 (medium sleeve, hingga sekitar sikut).

Lihat juga koleksi mirip kaos Greenpeace

1MESAV028 GreenPeace 1

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 1 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace distro ocean seven

1MESAV029 GreenPeace 2

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 2 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace distro ocean seven

1MESAV030 GreenPeace 3

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 3 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace distro ocean seven

1MESAV031 GreenPeace 4

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 4 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace renewable energy distro ocean seven

1MESAV032 GreenPeace 5

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 5 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace distro ocean seven

1MESAV033 GreenPeace 6

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 6 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace distro ocean seven

1MESAV034 GreenPeace 7

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 7 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace distro ocean seven

1MESAV035 GreenPeace 8

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 8 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace turn green distro ocean seven

1MESAV036 GreenPeace 9

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 9 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace energy balance distro ocean seven

1MESAV037 GreenPeace 10

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 10 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace small nice distro ocean seven

1MESAV038 GreenPeace 11

KAOS Cinta Bumi GreenPeace 11 | KAOS Selmatkan Bumi greenpeace future clear distro ocean seven

Kaos Lainnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *